'

Jack MA,Pemilik Alibaba.Com, Terkaya di Tiongkok karena Bisnis Online


Negara Tiongkok baru-baru ini menobatkan orang terkaya di negaranya. Predikat bergengsi ini jatuh kepada Jack Ma, pendiriAlibaba Group perusahaan e-commerce Tiongkok.

Siapa sangka orang yang kini punya harta US$ 25 miliar (Rp 275 triliun) itu pernah digaji cuma US$ 20 (Rp 220.000) per bulan ketika masih berprofesi sebagai guru bahasa Inggris di Hangzhou, Tiongkok. Meski bergaji rendah, ia mengaku sudah bahagia saat itu.

Tanggal 24 September kemarin bos Alibaba.com ini menjadi pembicara di sebuah acara diskusi yang digelar di Clinton Global Initiative di New York. Acara yang dimoderasi Chelsea Clinton membahas berbagai topik, mulai dari pandangan Jack terhadap uang, visi dan misi Alibaba, sampai sumbangan kemanusiaan.

Jack yang fasih berbahasa Inggris ini mengisahkan pengalaman hidupnya dengan santai. Bahkan ia tidak malu-malu mengakui pernah punya gaji hanya US$ 20 per bulan setelah lulus kuliah.

"Itu masa-masa yang fantastis," katanya seperti dikutip dari CNN, Kamis (25/9/2014).

Menurut Jack Ma, seseorang yang punya kekayaan Rp 10 miliar berarti ia orang yang beruntung. Namun jika seseorang punya harta Rp 100 miliar, "itu Anda bakal punya banyak masalah, karena harus memikirkan untuk investasi dan hal-hal lain yang bikin pusing," ujarnya.

Lalu kalau seseorang punya harta Rp 10 triliun, menurut Jack, itu berarti dia bertanggung jawab untuk memberi orang lain yang kurang mampu, khususnya orang-orang yang bisa memanfaatkan uang tersebut dengan lebih baik.

Alibaba baru saja melantai di Bursa New York pekan lalu dengan raupan dana sebesar US$ 25 miliar. Jack pun berterima kasih kepada rakyat AS yang sudah menyambut perusahaannya di lantai bursa.

"Saya berterima kasih karena dengan tambahan uang ini saya bisa melakukan banyak hal berguna," ujarnya.

Menurutnya, saat ini ada sekitar 7 miliar manusia di dunia tapi hanya sekitar 500 juta saja yang sering berbelanja lewat internet. Maka dari itu peluang di bisnis jual-beli online ini masih sangat besar, kata Jack.

Nah, bagaimana? Bagi anda yang saat ini tengah menjalankan bisnis online tentu ini sebuah motivasi yang besar karena betapa peluang pasar jual beli online masih sangat besar prospeknya yang belum tergarap dan akan terus berkembang di masa mendatang. 



Sumber: Detikfinance
Jack MA,Pemilik Alibaba.Com, Terkaya di Tiongkok karena Bisnis Online Jack MA,Pemilik Alibaba.Com, Terkaya di Tiongkok karena Bisnis Online Reviewed by kipas ac on 03.22 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.