'

5 Cara Melepas Stres Tanpa Biaya

5 Cara Melepas Stres Tanpa Biaya
Di zaman teknologi informasi yang serba cepat ini, kemungkinan orang untuk terkena stres menjadi lebih besar. Tidak hanya di tempat kerja yang ketat persaingannya, melainkan di rumah pun kita bisa merasa stres karena kemudahan akses teknologi memungkinkan kita untuk membawa pulang pekerjaan.

Situasi itu membuat kita harus pandai-pandai mengelola "tekanan" dalam hidup sehingga tidak berbuah menjadi stres berkepanjangan. Berikut ini 5 cara murah, mudah, dan praktis untuk mengurangi tekanan yang ada:

1. Membaca buku

Dengan membaca jenis buku favorit, kita bisa seolah masuk ke dunia baru yang sedang kita baca. Buku bagus yang dikombinasikan dengan tempat membaca yang hangat, nyaman, dan tenang, akan memampukan kita fokus pada diri sendiri.

2. Bersantai di taman

Meski kota-kota besar penuh dengan bangunan perkantoran dan perbelanjaan, sebenarnya jika kita mau jeli sudah cukup banyak "oase" kecil di sekitar kita. Selain di area kompleks perumahan, taman kecil yang hijau sudah lumayan banyak bertebaran di sekitar perkantoran. Cobalah sekali-kali meluangkan waktu sekitar 5-15 menit untuk duduk menikmati udara segar dan hijaunya taman.

3. Melihat foto

Melihat-lihat kembali album foto dari peristiwa menyenangkan adalah salah satu pelepas stres yang murah dan efektif. Bayangkan kembali diri kita pada peristiwa bahagia itu dan rasakan sensasinya.

4. Berjalan kaki atau olahraga

Berolahraga bisa memicu hormon-hormon antistres. Karena itu, sangat dianjurkan agar kita meluangkan waktu beberapa menit setiap pagi atau setelah makan siang untuk berolahraga, mungkin sekadar meregangkan otot-otot yang kaku atau berjalan kaki.

5. Ambil jeda

Bila perasaan tertekan serasa tak tertahankan lagi, coba alihkan perhatian kita untuk sejenak fokus pada sesuatu yang baru. Misalnya, melihat ke luar jendela, menyeruput teh hangat, atau memperhatikan pohon yang tertiup angin. Biarkan imajinasi kita bebas untuk sesaat.

Selamat mencoba! 
Sumber : Andriewongso.com
5 Cara Melepas Stres Tanpa Biaya 5 Cara Melepas Stres Tanpa Biaya Reviewed by kipas ac on 02.22 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.