'

Efektif Menggunakan Media Sosial

Efektif Menggunakan Media Sosial
Kita tau bahwa Media sosial bukan barang baru lagi. Hampir setiap orang dewasa dan kurang dewasa memiliki akun di media sosial. Dan banyak yang bukan hanya memiliki akun di satu media sosial, tapi memiliki akun beberapa akun, baik yang sudah lama hadir maupun yang baru saja diluncurkan.

Memang Keberadaan media sosial membuat perusahaan smartphone berlomba-lomba untuk membuat fitur komplit guna menarik minat pembelinya. Sayangnya, masih banyak pengguna media sosial yang menggunakan media sosial untuk hal-hal yang sifatnya negatif. Masih banyak dari mereka hanya memindahkan kegundahan hatinya untuk ditulis di media sosial. Atau mengunggah sesuatu yang tidak penting dan tidak ada manfaatnya.

Tentunya sayang bila menggunakan media sosial hanya untuk hal sepele seperti itu. Padahal banyak hal lain yang bisa dilakukan dengan media sosial. Lalu, bagaimana agar kita bisa mendapat manfaat maksimal media sosial? Berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan:

1. Menemukan komunitas
Jika di dunia nyata kita sulit menemukan orang yang memiliki kesamaan hobi, di media sosial cukup mudah. Tinggal menggerakkan tangan dan tulis kata komunitas. Maka di situ tersedia banyak sekali komunitas yang bisa kita pilih. Apakah komunitas berkebun, komunitas merajut, atau komunitas lainnya seperti berbisnis atau memancing. Kita tinggal meminta persetujuan untuk masuk ke dalam grup itu. Setelah masuk, kita bisa bertemu dengan orang lain yang memiliki hobi yang sama dengan kita. Hasil sharing dengan teman di satu komunitas akan menambah ilmu kita.

2. Menemukan bisnis baru
Sesuatu yang awalnya tidak kita sukai, pada akhirnya bisa jadi kita sukai, karena kita sering melihat foto-foto yang mengundang keinginan kita untuk belajar. Yang tidak berani berdagang, bisa jadi mulai berani berdagang karena dampak interaksi dengan media sosial tersebut. Niatkan untuk fokus belajar di media sosial. Maka dengan begitu, kita akan fokus pada status-status yang berisi info ilmu untuk kita. Misal ilmu tentang resep masakan atau ilmu berdagang. Dan ilmu itu kita niatkan juga untuk kita pakai di dunia nyata, untuk menambah penghasilan.

3. Menemukan teman lama
Teman lama yang kita temukan di media sosial bukan hanya digunakan untuk ajang curhat atau mengenang masa lalu, yang sudah sepuluh atau dua puluh terlewat. Tapi, gunakan untuk menimba ilmu. Jika teman kita adalah seseorang yang pakar di bidangnya, kita bisa mulai dari situ. Dengan kedekatan di masa lalu, pasti akan lebih mudah teman kita memberikan informasi dan berbagi ilmu dengan kita.

4. Menambah penghasilan
Ini yang sering tidak disadari oleh pengguna media sosial. Media sosial bisa digunakan untuk menambah penghasilan. Teman yang banyak di media sosial, bisa digunakan untuk menyebarkan pengaruh dan promosi apa yang kita jual. Syaratnya, tentu saja kita harus serius lebih sering upload produk andalan kita. Dan syarat yang lain kita fokus mengerjakannya.

5. Mendapat barang gratis
Sekarang banyak produsen yang lebih memilih memasarkan produk di media sosial terutama twitter. Mereka selalu mengadakan ajang lomba, baik itu berhadiah uang atau berhadiah barang. Kita hanya perlu mengikuti kuis yang mereka adakan dengan mengikuti syarat yang mereka buat. Biasanya mereka menyediakan hadiah barang atau voucher untuk beberapa orang pemenang.

6. Mengukuhkan nama
Untuk yang baru mulai merintis usaha dan ingin orang lain kenal dengan produknya, maka media sosial adalah cara yang tepat untuk itu. Seorang penjual yang susah berjualan di dunia nyata, bisa menemukan banyak pembeli di dunia maya. Semakin kita fokus dengan status barang apa yang kita jual, semakin banyak orang yang akan meliriknya dan mengenal nama kita.

Mari belajar bijak menggunakan media sosial dan kita maksimalkan dampak positifnya!
Efektif Menggunakan Media Sosial Efektif Menggunakan Media Sosial Reviewed by kipas ac on 07.15 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.